Jalur Detour KM 122 Ruas Tol Cipali Mulai Beroperasi

Subang-Jawa Barat (20/2) – ASTRA Tol Cipali sebagai pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan secara resmi membuka jalur detour KM 122 arah Cirebon menuju Jakarta pada hari Sabtu, 20 Oktober 2021 pukul 08.30 WIB. Dengan dioperasikan nya jalur detour ini maka resmi menutup contraflow sepanjang 1 Km di KM 122.

Sebelumnya direncanakan pembukaan jalur detour pada hari Jumat, 19 Februari 2021 namun kondisi hujan yang terus mengguyur wilayah ruas tol Cipali dari sore hingga dinihari dan baru reda menjelang subuh sehingga tidak memungkinkan untuk dioperasikan jalur detour sepanjang 400 Km. Saat ini konfisi lalu linta ruas Tol Cipali aman untuk dilalui dan siap melayani arus utama logistik yang biasanya melalui jalur Pantura yang saat ini belum dapat beroperasi secara normal diakibatkan masih tertutup oleh genangan air.

“Hari ini pada pukul 08.30 WIB, ASTRA Tol Cipali mengoperasikan jalur detour di median KM 122 arah Jakarta. Meskipun sempat tertunda namun kami masih bisa menyelesaikan pekerjaan ini kurang dari 10 hari. Dengan beroperasinya jalur pengganti ini maka secara resmi menutup contra flow sepanjang 1 Km sehingga tidak ada lagi penyempitan baik itu arah Cirebon atau arah Jakarta,””jelas Agung Prasetyo Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali.

ASTRA Tol Cipali bersinergi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan wilayah setempat dalam penanganan arus lalu lintas dengan pengaturan dan pemasangan MCB atau pembatas jalan yang memisahkan jalur arah Jakarta dengan Jalur arah Cirebon. Jalur pengganti di median ini terdiri dari 2 lajur yang dapat dilalui dengan lancar, aman dan nyaman oleh pengguna jalan.

Proses selanjutnya setelah jalur pengganti di median KM 122 beroperasi dan lalu lintas normal, maka mulai dilakukan pekerjaan konstruksi selama kurang lebih 1.5 bulan untuk keretakan di KM 122 dengan mulai tahapan, sebagai berikut :

  1. Pengeboran struktur shoulderpile sebagai penahan longsoran
  2. Pengurugan area keretakan dengan selected material hingga top badan jalan
  3. Perkerasan badan jalan
  4. Pemasangan sistem drainase / saluran pengairan
  5. Pemasangan aksesoris jalan seperti guardrail dan deliniator

Ditengah cuaca penghujan yang terus mengguyur wilayah Cipali dan sekitarnya, ASTRA Tol Cipali selalu mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dan berkendara dengan aman sesuai dengan rambu-rambu lalu lintas dan keselamatan. Pada kondisi hujan batas maksimal kecepatan berkendara 70km/jam.

PT Lintas Marga Sedaya

Theresia Dyah

Corporate Communications & CSR Dept. Head

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *