Menteri PUPR dan Bupati Majalengka Tinjau Lokasi Pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati

Kertajati – Jawa Barat (2/9) – Jalan Tol Akses Bandara International Jawa Barat ) BIJB Kertajati yang sudah mencapai lebih dari 96% pembangunannya, dikunjungi oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Pada kesempatan tersebut, Basuki memberikan apresiasi kepada percepatan pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati yang tertulis dalam testimoninya “Luar biasa, bisa selesai September 2021. Kualitas baik dan Rapi. Selamat dan Terima kasih”. Kunjungan tersebut menjadi penyemangat dalam pembangunan proyek ini untuk dapat segera diselesaikan.

Pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati merupakan bagian dari konektivitas jalan tol yang mendukung program Segitiga Rebana atau Rebana Metropolitan, yang diproyeksikan sebagai kawasan ekonomi strategis yang akan menjadi masa depan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan.Rebana Metropolitan merupakan wilayah utara atau imur laut Provinsi Jawa Barat yang meliputi tujuh wilayah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, Kuningan, serta Kota Cirebon. Sebagai jantung pertumbuhan kawasan ini, ada Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka yang berfungsi sebagai pusat konektivitas dan logistik. Kehadiran Jalan Tol Akses BIJB Kertajati sepanjang 3,7 Km tentunya menjadi salah satu jalan penghubung yang memegang peranan penting dalam mobilitas masyarakat

Pada kesempatan lain, Karna Sobandi, Bupati Majalengka, beserta jajaran juga hadir mengunjungi lokasi pembangunan jalan tol akses BJB Kertajati pada Kamis (2/9). Karna terlihat antusias dan senang melihat progres tersebut dan memberikan testimoni “Luar biasa untuk sebuah proyek besar, jalan tol yang menghubungkan BIJB Kertajati. Sukses”

ASTRA Tol Cipali selaku pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan yang juga merupakan pemilik projek pembangunan jalan akses BIJB tidak lantas berpuas diri. Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali, Firdaus Azis menyampaikan bahwa seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembangunan akses BIJB ini akan terus berupaya maksimal untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan prima bagi pengguna jalan.

“Sebagai perusahaan yang mempunya visi memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan kami realisasikan dengan berbagai program. Baik dari segi peningkatan jalan melalui konstruksi, layanan keselamatan dan bahkan dukungan pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar melalui pembangunan akses BIJB ini. Kami berharap keberadaan ASTRA Tol Cipali dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat di wilayah Cipali,”terang Firdaus.

Pembangunan jalan akses BIJB Kertajati yang diprediksi akan selesai di bulan September dan mulai beroperasi pada November 2021 ini merupakan bentuk bukti nyata ikhtiar bagi negeri yang dilakukan tidak hanya oleh ASTRA Tol Cipali saja, namun juga Astra Infra Solutions selaku Project Management Consultant beserta kontraktor pelaksana PT Acset Indonusa Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero).

Saat ini ASTRA Tol Cipali tengah merampungkan finshing pembangunan akses BIJB Kertajati melalui pekerjaan rigid pavement yang nantinya akan dilanjutkan pada pemasangan fasilitas jalan lainnya seperti pemasangan rambu, Penerangan Jalan Umum (PJU) dan juga penyelesaian pembangunan Gerbang Tol Kertajati dengan mengusung icon kearifan lokal daerah Jawa Barat, yakni terasering dan juga angklung. Dengan adanya identitas khas dari Gerbang Tol yang dimiliki ASTRA Tol Cipali ini diharapkan masyarakat tidak hanya merasa aman dalam berkendara namun juga dapat merasakan beautifikasi yang di implementasikan pada design Gerbang Tol Akses BIJB Kertajati.

Tentunya semakin meningkatnya layanan konstruksi yang dilakukan ASTRA Tol Cipali, masyarakat dapat semakin sadar akan keselamatan berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada di sepanjang Tol Cipali. ASTRA Tol Cipali juga menyediakan layanan call center melalui Traffic Monitoring Center (TMC) yang siap melayani 24 jam melalui line telepon 0260 – 7600 600

 PPIB) 45%.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *