Layanan ASTRA Tol Cipali Menghadapi Lebaran 2020

Menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah/ Tahun 2020 ditengah Pandemi Covid-­?19, dan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di sejumlah besar wilayah di Indonesia serta pemberlakuan larangan mudik oleh Pemerintah, arus lalu lintas di sepanjang Ruas Tol Cipali terpantau lancar dan aman.

Sebagai salah satu bagian dari Jalan Tol yang dimiliki ASTRA Infra, pada tahun ini ASTRA Infra grup kampanyekan Layanan Silaturahmi Lebaran 2020, dengan kampanye Beri Aman : Bersama Jaga Diri -­? Tingkatkan Iman. Layanan lebaran tahun ini adalah Layanan Tidak Mudik dan Tidak Piknik, yang diganti dengan Layanan Silaturahmi Lebaran Beri Aman dengan tetap mematuhi protokol dan pencegahan penanganan Covid-­?19.

“Sejak awal tahun 2020, ASTRA Tol Cipali terus berupaya melakukan inovasi dan peningkatan kualitas baik pada layanan transaksi maupun layanan fasilitas. Untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan yang melintas di Ruas Tol Cipali. Dalam menghadapi layanan Lebaran, saat ini kami telah menambah 4 unit gardu satelit di Gerbang Tol Palimanan, dengan 14 gardu utama, 7 GTO, 3 gardu satelite arah Palimanan dan 5 arah Cikopo yang dapat dipoerasionalkan secara maksimal ada 22 gardu arah Palimanan dan 22 gardu arah Cikopo. Namun pada masa Lebaran saat ini, dari 14 gardu utama yang ada hanya 10 gardu yang beroperasi terdiri dari 5 gardu arah Palimanan dan 5 arah Cikopo sehingga dapat melayani pengguna dengan nyaman. Namun jika terjadi peningkatan volume kendaraan, kami akan segera menyesuaikan dengan pembukaan gardu lainnya”, ujar Agung Prasetyo, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali.

“Sedangkan pada layanan fasilitas, kami juga mengupgrade 2 unit VMS (variable message sign) yang berada di lajur Cikopo dan lajur Palimanan dengan teknologi terbaru guna menambah kenyamanan pengguna jalan dalam memperoleh informasi seputar lalu lintas di Ruas Tol Cipali. Total VMS yang terpasang saat ini sebanyak 9 unit,” lanjut Agung.

Dalam masa pandemi Covid-­?19, ini ASTRA Tol Cipali turut mendukung program pemerintah dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-­?19 baik yang dilakukan di internal maupun eksternal. Beberapa upaya yang dilakukan dengan melakukan sosialisasi pada media luar ruang maupun media sosial, melalui himbauan penggunaan masker, physical distancing, juga anjuran rajin mencuci tangan. Para Petugas yang melayani langsung pengguna jalan pun dibekali dengan edukasi terkait dengan Covid-­?19 dan selalu menggunakan masker, sarung tangan serta alat pelindung diri (APD) selama bertugas.

Tidak hanya itu, ASTRA Tol Cipali juga melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin pada semua Gardu dan Gerbang Tol. Hal ini juga dilakukan pada seluruh armada layanan lalu lintas seperti

ambulance, Derek dan PJR, serta di seluruh Rest Area Tol Cipali. Disamping itu ASTRA Tol Cipali juga turut berperan serta dalam mendukung upaya pemerintah dalam penanganan Covid-­?19, dengan menyalurkan bantuan APD dan Masker kepada 5 Kabupaten yang dilewati oleh ruas Tol Cipali, yaitu Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon melalui badan penanganan bencana yang dibentuk oleh pemerintah daerah masing-­?masing Kabupaten.

Protokol pencegahan pandemic Covid-­?19 diterapkan juga di 8 Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP) atau rest area ASTRA Tol Cipali, seperti pembatasan jarak bagi para pengguna jalan yang menggunakan toilet, gerai ATM, tempat ibadah juga menyediakan 41 unit wastafel portable di rest area tipe A dan B. Pemesanan makanan dengan take away diberlakukan bagi para pengguna jalan yang berkunjung demi kebersihan dan kenyamanan. Tersedia juga pos kesehatan dengan fasilitas ruang isolasi khusus penanganan pasien COVID-­?19 di Rest Area KM 86 & KM 130 arah Palimanan dan KM 130 dan KM 86 arah Cikopo. Khusus bagi pengemudi truk disediakan toilet dengan air panas yang saat ini hanya ada di rest area KM 86 arah Palimanan dengan waktu penggunaan toilet maks. 10 menit untuk 1 orang.

Posko pengecekan atau titik check point juga terdapat di Gerbang Tol Palimanan yang bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi adanya pemudik yang melanggar larangan pemerintah.

ASTRA Tol Cipali menghimbau kepada pengguna jalan untuk selalu berhati-­?hati dalam berkendara, agar menjaga kondisi kesehatan dan kendaraannya dengan memenuhi batas kecepatan sesuai ketentuan minimal 60 dan maks 100 km/jam karena kecepatan kendaraan Anda dipantau oleh CCTV selama 24jam. Bila telah lelah atau mengantuk atau telah mengemudi selama 4 jam dapat beristirahat di rest area yang ada. Pengguna jalan juga diharapkan mengecek dan mengisi saldo uang elektronik sebelum memasuki ruas tol agar tidak terjadi kurang saldo saat bertransaksi di gardu. Disarankan untuk selalu memantau informasi seputar Tol Cipali serta layanan lalu lintas melalui media sosial twitter @astratolcipali dan Instagram @astratolcipali atau dapat menghubungi Traffic Monitoring Center di line telepon 0260 7600 600 yang siap melayani 24 jam. Semoga pandemic Covid-­?19 dapat segera berakhir sehingga kondisi dapat berangsur membaik dan dapat beraktifitas normal kembali.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *